ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN KAPUK KECAMATAN CENGKARENG

Authors

  • Togummar Bondar Pasaribu

DOI:

https://doi.org/10.36310/jebi.v9i2.64

Keywords:

Pendidikan dan Pelatihan, Pengalaman Mengajar, Semangat Mengajar, Disiplin Mengajar, Peran Serta Guru Dalam Organisasi Profesi, Profesionalisme Guru, Sekolah Dasar Negeri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi profesionaisme guru. Data yang dipergunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 80 orang guru dilingkungan Sekolah Dasar Negeri Di Kelurahan Kapuk Kecamatan Cengkareng. Metoda yang dipergunakan untuk menganalisisnya adalah regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesa F dan t dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 16.0. Hasil analisis diperoleh koefisien korelasi keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat dinyatakan berkorelasi positif dan kuat yang ditunjukkan dari nilai R sebesar 0,693 dan nilai R square nya sebesar 0,481. Artinya 48,10 % seluruh variabel bebas, yakni : pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, semangat mengajar, disiplin mengajar dan peran serta guru dalam organisasi profesi berpengaruh terhadap profesionalisme. Sisanya 51,90 % disebabkan oleh faktor-faktor lain diluar pengamatan penelitian. Sedangkan koefisien korelasi parsial dari setiap variabel bebas, menghasilkan persamaan Y = 1,572 + 0,434 X1 + 0,211 X2 + 0,082 X3 + 0,020 X4 + 0,173 X5 + ε. Hasil uji hipotesis secara parsial (uji t), menunjukkan bahwa t1 = 3,514 > 1,665, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan dan pelatihan dengan profesionalisme guru. t2 = 1,593 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara pengalaman mengajar dengan profesionalisme guru. t3 = 0,778 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara semangat mengajar dengan profesionalisme guru. t4 = 0,184 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara disiplin mengajar dengan profesionalisme guru. t5 = 1.583 < 1,665, tidak terdapat pengaruh antara peran serta dalam organisasi profesi dengan profesionalisme guru. Sedangkan hasil uji f diperoleh fhitung > ftabel, yakni 13,711 > 2,490 dan berada pada daerah diterimanya ha, maka hal ini menyatakan bahwa seluruh variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, atau dengan kata lain pendidikan dan pelatihan, pengalaman mengajar, semangat mengajar, disiplin mengajar dan peran serta guru dalam organisasi profesi bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng.

Downloads

Published

2018-05-24

How to Cite

Pasaribu, T. B. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KELURAHAN KAPUK KECAMATAN CENGKARENG. JEBI | Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 9(2), 27-44. https://doi.org/10.36310/jebi.v9i2.64